Friday 31 May 2019

INDONESIA SUMATERA SELATAN -PALEMBANG

1. JAMBATAN AMPERA
Tidak lengkap rasanya bila kita berkunjung ke Kota Palembang tanpa menelusuri sungai terpanjang di sumatera, Sungai Musi. Sungai Musi melintas di tengah Kota Palembang menjadi 2 bagian iaitu seberang ulu di bagian selatan dan Seberang llir di bagian utara, Dikenal dengan nama " Batang  Hari Sembilan " , Sungai Musi pun dikenal sebagai "Venesia dari Timur". Menikmati matahari terbenam , menyaksikan nelayan menjaring ikan serta senja yang menyapu wajah kota.

2. KAMPUNG TENUN 
Sepanjang penelurusan kita juga dapat melihat beberapa tempat yang bisa kita kunjungi seperti Kampung Kapitan, Kampung Arab dan Pulau Kemaro. Selain itu, juga kita bisa melihat Pasar Traditional dan dapat menggunakan jasa angkutan aor seperti kapal wisata, perahu motor dan speed boat.

INDRAKAYA - Menteri Perekonomian RI Hatta Radjasa meresmikan langsung Kampoeng BNI tenun Songket di Desa Muara Penimbung Indalaya Ogan Llir. Kampung BNI Tenun Songket ini merupakan kampung binaan Bank BNI untuk memproducksi kain tenun asli daerah yakni kain songket.

Selama ini kain songket dari usaha rumah tangga di Muara Penimbung masih belum mampu mendongkrak produktivias dan kesejahteraan warganya.Dengan program BNI yang disebut PKBL ( program kerja bina lingkungan ) BNI sebagai pembina. Para penenun diberikan pelatihan , binaan , modal dan pemasyaran.

3. BUKIT TUNJUK
Bukit Serelo terletak di sekitar  20 km dari kota Lahat. Penduduk setempat menyebutnya Bukit Tunjuk, karena bentuk puncaknya yang mirip telunjuk yang mencuat ke langit. Jika anda bepergian dari Muara Enim, menjelang 20 km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri.

4. GUNUNG DEMPO
Gunung Dempo dengan ketingiian 3,159 meter di atas permukaan laut dan waktu tempuh kurang lebih 6 jam ( 295 km) dari Kota Palembang , Gunung Dempo merupakan salah satu alternatif wisata yang ditawarkan di Sumatera Selatan. Dari ketinggian tertentu kita dapat dinikmati Kota Pagar Alam khususnya di malam hari. Fasilitas pariwisata berupa akomodasi sudah tersedia sebanyak 180 kamar dengan fasilitas lainnya seperti restoran.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan seperti jogging di area kebun teh ( Tea Walk), mendali dan bersepeda gunung, bermain di air terjun, serta melihat peninggalan pra sejarah berupa Batuan Megalit. Dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan darat ( roda empat) ata pun sarana transportasi lain seperti bus.

5. WISATA AGRO
Prabumulih dikenal dengan kota nanas, karena salah satu hasil pertanian yang terkenal adalah nanas
( Ananas Comosus). Nanas Prabumulih terkenal manis dan pemasarannya sampai ke Pulau Jawa.

6. TEMAN NASIONAL SEMBILANG
Di Kawasan timur terdapat hutan suaka mergasatwa sembilang seluas 45000 hektare. Tempat ini merupakan surga bagi berbagai jenis burung dan binatang yang dilindungi seperti bangau , tongtong , bangau putih , sindang awe, pelican , itik liar , rajawali, rangkong jambul dan kangkareng. Bahkan terdapat pula buaya dan lumba lumba air tawar.

Menurut penelitian di Sembilang terdapat habitat 180 species burung dari 600 species yang ada di Sumatera, disamping 17 species mamalia besar. Sembilang juga merupakan daerah persinggahan dari burung migrasi pantai yang berasal dari Siberia, salah satu dari 3 tempat yang ada di Indo Malay. Hutan suaka mergasatwa itu hanya dapat dijangkau melalui jalan air sehingga dapat menjadi petualangan yang mengesankan.

7. DABAU ULAK LIA
Danau Ulak Lia, ini adalah sebuah danau kecil dekat kota Sekayu, yang dapat dicapai setelah menyeberangi sungai Musi selama kurang lebih 20 menit dengan perahu tambangan . Danau seluas 15 hektare ini pada hari minggu dan libur banyak dikunjungi wisatawan lokal. Disekeliling danau terdapat pohon -pohon rindang sehingga sangat ideal untuk tempat rekreasi dan piknik bersama keluarga.

8.DANAU RANAU
Terletak di wilayah kecamatan Banding Agung jarak 125 km dari Baturaja Ibukota Kabupaten OKU. Danau Ranau luas 8x 16 km dengan latar belakang gunung Seminung , sekitar danau dikelilingi oleh bukit dan lembah sehingga hembusan angin di kawasan ini tidak terlalu kencang.

Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari cerah suhu berkisar antara 20 derajat -26 derajat celsius. Di aats perbukitan dan lembah sekitar danau terdapat perkebunan kopi, tembakau, vengkeh , kayu manis dan palawija.

Pada sisi lain di kaki gunung  Seminung terdapat sumber air panas alam yang keluar dari dasar danau. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas.

9. DANAU TELUK GELAM
Teluk Gelam adalah sebuah danau alami seluas sekitar 250 hektar yang airnya tidak pernah mengering ,meski pada musim kemarau . air danau ini tergolong jernih dan dihuni oleh berbagai macam jenis ikan, seperti : belida, tapah, arwana dan konon dihuni juga oleh beberapa ekor buaya ( walau selama ini belum pernah ada orang yang melihatnya ). Pada bagian tengah danau terdapat sebuah daratan yang ditumbuhi ribuan pohon gelam ( Melalueka Leucadendron) dengan daunnya yang mungil dan berwarna hijau muda. Disekitar danau pengunjung bisa berolahraga air, mandi , berenang , memancing atau bahkan sekadar berkeliling menikmati pemandangan alam.

10. GOA PUTRI
Gua Putri terletak di Desa Padang Bindu Kabupaten Ogan Komering Ulu, 35 km dari Kota Baturaja. dengan panjang 159 m, lebar 8 s.d 20 m dengan ketinggian 20 meter, kita dapat menyaksikan keindahan alam batuan stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami di langit langit dan dasar gua.
Di dalam gua terdapat anak sungai yang bermuara di Sungai Ogan yang konon dipercaya dapat membuat awet muda bagi siapa yang membasuh muka dengan air tersebut. Pengunjung dapat menyusuri semua sisi dan celah goa dengan bantuan pemandu lokal.

11. AIR TERJUN TEMAM
Air Terjun Temam terletak di desa Lubuk Kupang. Tingginya sekitar 8 meter dan lebar 20 meter yang dikelilingi perkebunan karet milik rakyat. Para pengunjung acapkali datang pada hari hari minggu dan libur. Berfoto dengan latar belakang air terjun itu amat menarik.

12. GOA NAPALICIN
Goa Napalicin terletak di Desa Napalicin, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas ( Mura) , Provinsi Sumatra Selatan. Anda harus mencapai kota Lubuk Linggau terlebih dahulu untuk menuju Goa Napalicin , Lubuk Linggau , ibu Kota Kabupaten Mura, berjarak sekitar 350 km dari kota Palembang. Lubuk Linggau juga bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 150 km dari kota Bengkulu.

13. PERSAWAHAN
Guna mengantisipasi kegagalan tanam petani, pemkb OKU timur melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) OKU Timur memberikan bantuan berupa benih padi kepada petani yang lahannya puso. Beberapa hari sebelumnya , sebanyak 2.763 ha lahan persawahan lebak yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Cempaka, Semendawai Barat dan Kecamatan Semendawai Suku III terendam air.

14. AIR TERJUN BEDEGUNG
Air terjun Bedegung Muaranim memiliki ketinggian 120 meter. Lokasi air terjun ini masih masuk dalam kawasan wisata Bedegung . Cukup berdiri sekitar 300 meter. anda akan disambut dengan rintikan air terjun bagaikan hujan gerimis. Hanya saja untuk mencapai air terjun ini , pengunjung harus membawa kenderaan sendiri, dengan jarak tempuh dari Muaraenim ke lokasi sekitar 48 km, sementara dari Palembang sekitar 260 km.

15. WISATA AGRO KOPI
Kopi di Empatlawang mayoritas adalah jenis Robusta. hal ini karena jenis tersebut sangat cocok dengan kondisi tanah dan cuaca di Empatlawang. Kopi jenis tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak di wilayah Empatlawang. Meskipun perbukitan, namun letak geografis Empatlawang tergolong rendah, dibawah 600 meter di atas permukaan laut . Kondisi tersebut cocok untuk perkembang biakan kopi jenis Robusta dibanding jenis lain seperti Arabika. 

No comments:

Featured post

UNKNOWN

 人生里,限制你发展的往往不是学历和经验, 而是工作圈和社交身边的人。 人生最大的运气不是捡到钱或中大奖,而是那些愿意花时间和精神去指引你和帮助你开拓你的眼界,纠正你的格局,给你正能量和对你诚实的人。