Sunday 1 March 2020

INDONESIA BADUNG (INDONESIAN LANGUAGE VERSION)




DESA SANGEH 

WANARA PENJAGA HUTAN PALA

Desa Sangeh terletak lebih kurang 25 km dari Kota Denpasar dan dapat ditempuh seitar 30 menit.Kawasan ini terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Hutan Sangeh atau sering pula disebut dengan Hutan Pala dikenal karena hutan seluas 13 hektar lebih ini didominasi oleh pohon pala danpenghuninya mayorifas adalah kera abu-abu ekor panjang(macaca fascicularis)

TANJUNG BENOA

PACU ADRENALIN OLAHRAGA AIR

Tanjung Benoa terletak di sebelah utara Kawasan BTDC Nusa Dua, termasuk wilayah Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung .Tanjung benoa adalah nama pantai yang berujung sempit, Jarak ke pantai ini kira kira 12 km dari Bandara Ngurah Rai, lebih kurang 30 menit perjalanan menggunakan kenderaan bermotor Pantai Tanjung Benoa merupakan pantai berpasir putih yang indiah sebagai tempat untuk menyaksikan matahari terbit dan sering dipergunakan untuk berenang serta berbagai egiatan wisata tirta. Sarana wahana air yang tersedia antara snorkeling , sea walker , banana boat, parasailing , Wakerboard , waterski, jetski , scuba diving, Rolling donut  flying fish, glassbottom boat & Pulau Penyu, menaiki perahu yang dibawahnya ada kaca bening dan terlihat berbagai kehidupan di bawah laut.

PANTAI SULUBAN

SURGA DI BALIK TIRAI KARANG

Pantai Suluhan terletak di Desa Pecatu ujung selatan Kebupaten Badung sekitar 34 km dari Kota Denpasar dan kira kira 45 menit perjalanan bila menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Suluban, dalam bahasa Bali” Masulub mempunyai arti “ berjalan awau lewat dibawah sesuatu;. Diberi nama Panta Suluban karena bila hendak ke panta ini harus terlebih dahulu melewati tebing batu karang yang menyerupai goa atau terowongan sebelum akhirnya sampai di pantai yang luas, berpasir putih dengan gemuruh gelombangnya menyenangkan.

PANTAI PANDAWA

PESONA TERSEMBUNYI DI BALIK BUKIT KAPUR

Pantai Pandawa mungkin masih terdengar asing dan tiidak begitu terkenal untuk sekarang ini. Tapi menyimpan sejuta pesona keindahan yang belum terekspos dan masih terhimpit oleh tebing tebng batu kapur. Terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan , Kabupaten badung, berjarak kurang liebih 3 km dari kawasan Wisata Nusa Dua dan Pura Uluwatu.
Semua Pantai Pandawa dikenal sebagai Secret Beach, karena lokasinya tersembunyi di balik deretan perbukitan batu yang hanya ditumbuhi semak-belukar. Namun kini akses menuju ke sana semakin mudah untukdilalui kendaraan. Akses jalan yang sengaja diibuat dengan membelah bukit kapaur yang menjulang membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi sangat eksotis.Medekati pantai, tebing-tebing kapur tersebut dilubangi dan diukir dengan indah sebagai tempat patung tokh Pandawa Liman dalam Kisah Mahabharata.

PANTAI LABUAN SAIT

LAUT LEPAD DI ANTARA DUA TEBING

Labuan Sait terletak sekitar 32 km dari Kota Denpasar. Dahulu Pantai Labuan Sait merupakan pelabuhan niaga dan pemberangkatan serta pendaratan bagi  kapal perang kerajaan =kerajajan di Bali Selatan. Jalan menuju dan letaknya yang unik yakni di antara perbukitan batu karang mejadikan pantai ini seolah jendela memandang samudera luas dalam bingkai duatebing. Apalagi dengan pasirnya yang putih , bersih dan tenang sehingga sangat cocok untuk rekreasi santai seperti berenang, memancing , mandi sinar mentari dan tentu saja sangat cocok pula untuk berselancar dan menikmati matahari terbenam.

PURA TAMAN AYUN

PERSONA PARA BANGSAWAN

Pura Taman Ayun terletak di desa Mengwi, Badung, kurang lebih 30 menit perjalanan atau 20 km ke utara Kota Denpasar. Taman Ayun yang berarti taman yang indah ini berdiri sejak jaman kerajaan , tepatnya dibangun pada tahun 1634 oleh raja pertaman Kerajaan mengwi, I Gusti Agung Ngurah Made Agung atau “ Tjokorda sakti Blambangan.

Pura Taman Ayu berfungsi sebagai sumber irigasi, Pura Ibu dan permersatu masyarakat.Fungsi irigasi ditunjukkan oleh kolam-kolam yang mengelilingi Pura yang dimanfaatkan oleh ara petani untuk dijadikan sumber irigasi, yang mana air kolam –kolam tersebut disalurkan ke persawahan di sekitar pura. Fungsi Pura Ibu dan pemersatu, ditunjukkan oleh keberadaan Pura sebagai tempat beribadah bagi orang orang yang memiliki garis keturunan leluhur yang sama, sehingga dapat mempersatukan mereka sebagai sebuah keluarga besar.

GARUDA WISNU KENCAN

TAMAN BUDAYA DI BATAS DUNIA

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana terletak d Bukit Ungasan , di Jalan Raya Uluwatum Kelurahan Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer dari Kota Denpsasar . Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana terletak  di atas bukit kapur setinggi 263 meter di atas permukaan aut (dpl). Di atas ketinggian Bukit Ungasan ,anda juga dapat menyaksikan hamparan Pulau Bali bagian selatan dengan pantai-pantainya yang menghadap Samudera Hindia. Sementara di bagian Utaram Nampak hilir mudik pesawat di bandara Ngurah Rai serta pemandangan Kota Denpasar. Menikmati pesona alam di atas Bukit Ungasan ini bakal makin lengkap jika anda meluangkan waktu untuk menyaksikan matahari terbenam (sunset)

PURA ULUWATU

TEBING & LAUT SAKSI SURWAWI

Pura Uluwatu berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupate Badung. Walau terletak di puncak tebing laut yang sangat curam , namun tidak sulit untuk mencapai Pura yang berjarak sekitar 25km dari Kuta ini karena prasarana jalan yang mulus sangat memadai sampai ke lokasi.
Pura ini berdiri sekitar abad ke –XI di atas batu karang yang sangat tinggi mencapai sekitar 97 meter dan menjorok curam ke laut. Di sekitarnya disangga oleh rerimbunan perdu yang disebut Alas Kekeran. Untuk bias mencapai pura ynag juga dihuni kera-kera sekitar tebing dan hutan dibawahnya ,kita mesti menaiki belasan anak tangga. Pada abad ke XI, seorang pendeta Hindu, Mpu Kuturan, menganjurkan pendirian Putra Uluwatu sebagai tempat menurukan ajaran dan aluran bagi daerah tersebut yang selanjutnya digunakan oleh pendeta visioner Hindu, Dang Hyang Nirartham sebagai tempat pemujaan. Tebing dan laut yang menawan ,apalagi kala senja hari, memang menjadikan Pura Uluwatu adalah saksi surgawi saat seorang suci mencapai ujung duniawi!


No comments:

Featured post

UNKNOWN

 人生里,限制你发展的往往不是学历和经验, 而是工作圈和社交身边的人。 人生最大的运气不是捡到钱或中大奖,而是那些愿意花时间和精神去指引你和帮助你开拓你的眼界,纠正你的格局,给你正能量和对你诚实的人。