Sunday 1 March 2020

INDONESIA BANTEN (INDONESIAN LANGUAGE)


ABOUT BANTEN

WILAYH PROVINSI BANTEN MEMPUNYAI LUAS 9.018.64 SQUARE KILOMETRES , TERDIRI 4 KABUPATEN YAITU KABUPATEN PANDEGIANG,,LEBAK, SERANG, TANNGERANG DAN 4 KOTA YAITU KOTA TANGERANG, CILEGON , KOTA SERANG DAN KOTA TANGERANG SELATAN. Wilayah PROVINSI BANTEN BERADA PADA BATAS ASTRONOMIS 1050111’- 1060712’, BT DAN 50750’- 7011’LS , MEMPUNYAI POSISI STRATEGIS PADA LINTAS PERDANGANGAN INTERNASIONAL DAN NASIONAL.

PROVNSI BBANTEN MEMPUNTAI BATAS WILAYAH:
1.       SEBELAH UTARA DENGAN LAUT JAWA
2.       SEBELAH TIMUR DENGAN PROVINSI DKI JAKARTA DAN JAWA BARAT
3.       SEBELAH SELATAN DENGAN SAMUDERA HINDIA
4.       SEBELAH BARAT DENGAN SELAT SUNDA

Secara geografi , wilayah Banten dekat dengan Jawa Barat dan pulau Sumatera .Banten terletak di antara pulau Sumatera , Jawa Barat dan Jakarta dengan populasi mencapai 9.658.951 jiwa pada tahun 2008. Sedikit diluar kota ke arah barat, terdapat gunung berapi yang terkenal Gunung Krakatau yang terakhir meletus pada tahun 1883 silam. Terletak 8 derajat di garis khatulistiwa, Banten beriklim tropi dengan 2 musim , musim hujan dan musim kemarau, dengan suhu udara rata rata 28 celsius. Bagian selatan Bantan merupakan daerah berbukit landau,sementara bagian utaranya daerah pantai.Hail utama Banten di antaranya adalah kopi, sayur-sayuran dan lain lain.

Masyarakat Banten mempunya akar agama yang kuat dengan budaya asli yang masih eksis dalam kehidupan mereka.Agama utama masyarakat Banten adalah Islam,yang tiba di wilayah ini bersamaan dengan tersebarnya agama tersebut di wilayah Sumatera dan Sulawesi pada abad 15 silam. Meski Islam berasal dari Arab, berkembangnya agama itu di sebagian besar masyarakat Banten atau sekitar 250000 jiwa tinggal di pedesaan-pedesaan, masing-masing dalam bentuk kluarga besar. Banten terdiri dari 4 kabupaten dan 4 kota yaitu: Kabupaten Serang, Pandeglang ,Lebak, Tangerang dan Kota Cilegon, Serang , Tangerang Selatan dimana Kota Serang merupakan Ibu Kota Provinsi.Daerah tujuan wisata utama Banten tidak hanya wisata alam, namun Banten memiliki wisata budaya, ziarah dan juga kerajinan tangan.

Geographically Banten lies near from from West Java and Sumatera.Banten situated among Sumatera, West Jaya and Jakarta it 9658.951 people in 2008. Slightly off center and running to the west, there are famous volcanic mountain the tallest is gunung Krakatau which last erupted in 1883. Lying just 80 south of the equator,Banten’s famous rice.In the hilly, northern coastal region, the main products are coffee,vegetables etcs.
The Bantenese people have strong spiritual roots and their culture is still alive. The main religion is Islam, which arrived in Banten with the spread of Islam through Sumatera and Sulawesi during 15th century.Although originally from Arab, the Bantense religion is unique a large number of countries, artist musicians and creating a fine art, the majority of banten’s 2500.000 people live for the most part, in tight village communities with large extended family. The largest towns are the capital Serang Cilegon and Tangerang in the south. The main tourists are Anyer. This small sleepy village became a major attraction because of its famed white sand because water sport recreation.Banten also has very interesting art culture, pilgrimage and handicraft.

KESENIAN TRADITIONAL DEBUS

Debus adalah seni pertunjukan yang memperlihatkan permainan kekebalan tubuh terhadap pukulan, tusukan dan tebasan benda tajam dalam permainannya. Pada masa pemerintahan Sultan Ageng tirtayasa sekitar pada abad ke 17 ( 1651-1652), Debus difokuskan sebagai alat untuk membangkitkan semangat para pejuang dalam melawan penjajah. Pada perkembangan selanjutnya, Debus merupakan salah satu bagian dari ragam seni budaya masyarakat Banten, sehingga kesenian banyak digemari oleh masyarakat sebagai hiburan yang  langka dan menarik. Di Banten, permainan debus berkembang di kabupaten Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Serang.

AIR TERJUN

Air Terjun Cihear melengkapi beragam jenis obyek wisata yang ada di Provinsi Banten, terletak di kawasan gunung Halimun Salak desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak, merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan indah, dengan aliran air yang sangat deras mencapai ketinggian +25 meter.

ARUNG JERAM

Pusat wisata Arung Jeram Banten terletak di sepanjang sungai Cibeurang Kecamatan Lebak Gedong Kabupatan Lebak. Memiliki lebih dari 15 jeram menantang untuk diarungi dengan jarak arung sekitar 8 kilometer dengan waktu 2 jam. Sungai Cibeurang tidak hanya menghadirkan olahraga arung jeram dengan dikelilingi panorama hutan dan gunung Halimun yang sangat indah, sejuk dan spektakuler memberkan kesegaran harmoni udara bagipara pengunjung yang dating ke kawasan Cibeurang terutama pada pagi hari yang akan membangkitkan suasana vitalitas baru anda.


MASYARAKAT TRADITIONAL BADUY

Masyarakat tradisional Baduy terdapat di Kabupaten  Lebak ,tinggal di area seluas kurang lebih5101 hektar.Suku initerbagii dua yaitu Baduy Luar dan Baduy dalam. Mereka hidup selaras dengan alam dan menghindari kehidupan dunia luar yang satu sama lain. Sementara masyaraat Cisungsang tinggal di area seluas 28 square kilometres terletak di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. Keseniaannya yanya terkenal adalah:Rengkong, Angkling, Buhun dan Bendrong Lesung.


GOLF DAN MICE

Di Banten terdapat 11 golf course dan driving range yang terletak di Tangerang, Cilegon dan Pandeglang. Dengan fasilitas mewah, terdiri dari lapangan golf 18 hole championship, lapangan tennis, squash, kolam renang , sauna, Jacuzzi dan lain lain lagi. Selain golf juga fasilitas MICE di beberapa hotel dengan standar kenyamanan yang sangat memadai.


PESONA KRAKATAU


Di tengah-tengah selat sunda terdapat gunung Krakatau yang mudah dicapai dengan speedboat dari apantai Anyer dan Carita. Gunung ini terkenal  ke seluruh dunia dengan letusannya terdengar hingga Australia barat dam kolombo. Bahkan awan panasnya keluar selama seminggu kemudian dan mencapai wilayah eropa. Gunung baru yang merupakan anak Krakatau mulai muncul diatas permukaann lau untuk pertama kalinya pada tahun 1928 silam dan masih aktif hingga kini.

KERAJINAN TANGAN


Provinsi Banten memiliki kerajinan khas daerah, yang tersebar di setiap kabupaten/kota, seperti Taman Jay dengan kerajinan kayunya, Bumi Jaya dengan gerabahnya dan Rangkas Bitung dengan kerajinan batu kalimaya dan onix.

TAMAN NASIONAL UJUNG KULON


Taman Nasional Ujung Kulon terdapat di Kabupaten Pandeglang, merupakan salah satu wilayah konservasi alam dunia yang dicanangka badan duni UNESCO. Jika anda memasuki wilayah hutannya yang masih alami, anda masih bias menjumpai badak bercula satu yang hampit punah. Di tempat ini juga terdapat area penggembalaan kerbau, burung merak, dan berbagai binatang spesifik lainnya. Tempat ini dikelilingi oleh pulau pulau yang indah disekitarnya yang sangat secocok untuk olahraga diving.

WISATA  ZIARAH

Provinsi Banten memiliki banya obyek wisata ziarah yang tersebar sampai ke pelosok.Obyek wisata ziarah ini umumnya berupa makam/perkuburan yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Biasanya yang dimakamkan merupakan seorang tokoh yang memiliki charisma di masa lalu dan memiliki kemampuan lebih dari manusia pada umumnya,seperti: Ulama/syekh/Wali ,Raja/Sultan ,Panglima perang dan lain sebagainya.

Peziarah yang dating berasal dai berbagai daerah di Pulau Jawa, Sumatera ,Kalimantan , Sulawesi . Beberapa pengunjung bahkan ada yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Sinagpore, Austraia dan sebagainya.

.
SENI BUDAYA

Keanekaragaman seni budaya Banten bercermin dari banyaknya  jennies seni pertunjukan yang terdapat di sana. Daerah tujuan wisata utama Banten tidak hanya wisata alam, namun Banten memiliki wisata budaya yang tidak kalah menarik yaitu kesenian tradisional.Beberapa di antaranya ialah : Rampak Bedug, Cokekk, Dog-dog lojor, Barongssai, Terbang Gede, Mrawis dan berbagai jenis tarian yang sangat indah.


WISAT PANTAI

Pantai Anyer,Carita, Tanjung  Lesung, Pulau Umang dan Pantai Ciputih yang terletak di wilayah Serang dan Pendeglang merupakan tempat yang tenang bagi anda untuk beristirahat. Di tempat ini banyak terdapat hotel berbintang maupun non bintang, penginapan perumahan, restoran maupun fasilitas-fasilitas lainnya guna memenuhi kebutuhan wisatawan. Anda bias mencoba berbagai olahraga air di antaranya ski air, jet ski, kapal “banana boat”, Kano dan olah raga favorit lainnya. Duatahun setelah meletusnya gunung Krakatau, sebuah mercusuar baru setinggi 75.5 meter dibangun di pantai Anyer,tepatnya menghadap ke jalan raya sepanjang 1000 kilometer yang dibangun Daendels pada tahun 1881 silam guna menghubungkan nyer dan Panarukan. Sementara Tanjung Lesung, Pulau Umang, dan pantai Ciputih merupakan Panarukan. Sementara Tanjung Lesung , Pulau Umang dan Pantai Ciputih merupakan tempat tujuan wisata lainnya yang menarik  yang berasa di baguab selatan wilayah ini.







No comments:

Featured post

UNKNOWN

 人生里,限制你发展的往往不是学历和经验, 而是工作圈和社交身边的人。 人生最大的运气不是捡到钱或中大奖,而是那些愿意花时间和精神去指引你和帮助你开拓你的眼界,纠正你的格局,给你正能量和对你诚实的人。